BAB 6 ( membuat homepage interaktif)

| |





Membuat homepage interaktif

A. MEMPROGRAM WEB1. persiapan softwareCukup dengan menggunakan beberapa software atau tools yang sudah kita kenal sebelumya. Software yang dibutuhkan seperti : sistem operasi, yang paling mudah digunakan adalah Windows XP Professional karena kita sudah sering menggunakannya.


Komponen internet information services (IIS) pada Windows XP



, jika dikomputer belum terdapat IIS, maka harus menginstalnya menggunakan CD installer Windows XP terlebih dahulu.
Fungsi IIS adalah sebagai web server. Microsoft Frontpage, digunakan untuk merancang homepage. Microsoft Access, unutk membuat database sebagai penyimpan data yang akan kita masukkan ke dalam database.
Mocrosoft Internet Explorer, digunakan untuk melakukan pengujian dan pengaksesan homepage interraktif yang telah dibuat. Komponen Open DataBase Connectivity ODBC), untuk melakukan koneksi dari program komputer ke database. Biasanya telah tersedia dalam Windows XP.2. persiapan direktori kerjakita harus mendefinisikan tempat kerja dalam lomputer yang akan digunakan sebagai web server.


Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :
• aktifkan Windows Explorer.
• Buat satu direktori dalam drive C dengan nama SMUKU-INT
• Buat subdirektori image, css, dan database dalam direktori SMUKU-INT.3. persiapan scenario User Interfacescenario form harus dibuat untuk memberikan gambaran apa yang akan dikerjakan. Form Input data siswa berfungsi untuk memasukkan data siswa dari homepage ke database. form Input data siswa berfungsi untuk menampilkan data siswa yang terdapat dalam database ke dalam homepage. Terdapat beberapa tipe data yang disediakan oleh Microsoft Accsess yang digunakan untuk merepresentasikan penyimpanan data dalam database yaitu, text, number, date, memo, currency, auto number, OLE object, dan hyperlink.4. persiapan Komponen IISuntuk menjadikan sebuah computer sebagai web server, dalam computer tersebut harus terinstal IIS.
Cara control®pengaksesan IIS adalah sebagai berikut :
• pilih tombol start panel
• pilih administrative tolls pada jendela control panel kemudian pilih Internet Information Services
• klik nama computer kemudian pilih web sites dan klik default web sitesdua cara untuk menampilkan informasi homepage melalui IIS, yaitu :
• menggunakan port
• menggunakan direktori virtual
5. pemilihan bahasa pemrogramanMicrosoft Active Server Pages (ASP) merupakan bahasa pomrograman yang secara otomatis disediakan oleh Microsoft jika kita menggunakan IIS. ASP merupakan suatu skrip yang bersifat server side yang ditambahkan pada halaman HTML unutk membuat sebuah web menjadi lebih menarik, dinamis, dan interaktif.Bahasa standar yang digunakan oleh ASP adalah Microsoft VBScript dan Microsoft Jscript. Jika pada tagHTML delimiter (suatu karakter atau kumpulan karakter yang mengawali dan mengakhiri suatu tag atau skrip) yang digunakan adalah <>, maka untk skrip ASP, delimiter yang digunakan adalah karakter

.B. MEMPROGRAM DATABASE WEB INTERAKTIF
1. pembuatan data baselangkah-langkah dalam pembuatan database menggunakan Microsoft Access, yaitu :• aktifkan Microsoft Access. Buat database data siswa dan simpan dalam C:\SMUKU-INT\database yang sudah dibuat sebelumya.• Buat satu tabel dengan nama DataSiswa
2. pembuatan data source name (DSN)DSN akan mempermudah pengaksesan data dari program ke database. unutuk melakukannya, ikuti langkah-langkah performance and® control panel ®berikut.• Tekan tombol start data sources (ODBC).• Selanjutkan® administrative tools ®maintance akan ditampilakan kotak dialog ODHBC Data Source Administrator. Pilih tab system DSN.• Klik tombol add yang akan menampilkan menu untuk memilih driver database yang akan digunakan. Pilih Microsoft Access Driver (*.mdb) kemudian tekan tombol finish.• Pada kotak dialog ODBC Microsoft access setup, isi kotak Data source name dengan DataSiswa dan kotak description dengan data siswa. Tekan tombol select untuk memasukkan database dengan lokasi C:\SMUKU-INT\database\datasiswa.mdb. selanjutnya tekan OK.
3. PemrogramanPemrograman dilakukan setelah kita menyelesaikan pembuatan DSN. Unutk pemrograman ini akan ditampilkan halaman HTML dan halaman modifikasi menjadi ASP.

4. pengujian (testing)langkah terakhir adalah pengetesan hasil pemrograman. Testing ini akan memberitahukan kepada kita apabila terdapat kesalahan dalam coding yang kita lakukan.kesalahan tersebut akan langsung ditampilkan dalam browser yang kita akses. Akan tetapi, jika tidak terdapat kesalahan maka kita mengetahui bahwa data tersebut sudah tersimpan dalam database bukan dalam halaman lihatdatasiswa.asp


1 komentar:

Amrizal mengatakan...

klo di win 7 kenapa gag diberitahu letak kesalahan seperti di win xp..
misalnya ada kesalahan di odbc,di win xp dikasih tahu line berapa yang salah,klo di win 7 gag bisa,,
mohon bantuannya..
T_T

Poskan Komentar